...The Spirit Of School

SALING SENYUM, SALAM, SAPA, DAN SOPAN MAKA SEMUA AKAN TERASA INDAH

E-mail Print PDF

Budaya 3S (Senyum, Salam, Sapa) yang seringkali kita lihat di sekolah-sekolah adalah cita-cita nyata dari sebuah lingkungan pendidikan. Namun, hal tersebut tidak selalu sesuai harapan sekolah yang memajang tulisan tersebut dengan besar di sejumlah tempat. Tidak semua warga sekolah mengindahkan keinginan tersebut. Bukan hanya siswa, guru dan karyawan pun bisa menjadi orang-orang yang mengacuhkan 3S. Lambat laun keadaan tersebut dapat mengubah kultur sekolah.

Kita ambil contoh seorang guru yang selalu berwajah kaku di hadapan siswa. Lambat laun siswa juga akan mengubah sikap mereka terhadap guru tersebut. Siswa akan merasa bahwa apa yang dilakukan guru benar, sehingga mereka pun merasa apa yang dilakukan guru yang selalu cemberut tadi benar. Lebih parahnya lagi merasa pantas ditiru. Akhirnya, semua warga sekolah bisa menjadi orang-orang yang tidak peduli, tidak saling menghormati, dan merasa bisa hidup sendiri. Begitu juga kalau kita membiarkan siswa bertingkah laku seperti itu. Hal tersebut sama saja membenarkan tindakan mereka.

Keadaan tersebut tidak akan Anda temukan di SMA Negeri 1 Surakarta. Anda akan menemukan siswa-siswi yang selalu tersenyum, saling mengucapkan salam, dan saling menyapa jika bertemu siapa saja di lingkungan sekolah. Kultur seperti ini selalu dipertahankan sekolah. Dengan saling senyum, salam, dan sapa akan menjadikan lingkungan sekolah yang harmonis dan senantiasa kondusif.

Berikut beberapa hasil dokumentasi dari TIM WEB SMANSA.

 

Gambar: Senyum, Salam, Sapa, Sopan; Kekuatan Pembangun Kultur Sekolah

Selain 3S, satu lagi yang selalu dicanangkan SMANSA, yaitu ‘sopan’. Kesopanan selalu diupayakan diajarkan kepada seluruh warga sekolah. Hal tersebut tentu saja sangat mempengaruhi penilaian masyarakat terhadap sekolah. Sekolah yang setiap warganya selalu sopan dengan siapa saja dan di mana saja akan mendapatkan simpatik yang tinggi di kalangan masyarakat. Selain itu dengan budaya 4S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan) akan menjadikan siswa bahagia karena merasa mereka memiliki keluarga yang saling menyayangi. Untuk itu, SMANSA tak henti-hentinya mengajarkan siswa untuk selalu menghormati guru dan karyawan sekolah.

Untuk membuktikannya, silahkan lewat di depan SMA Negeri 1 Surakarta waktu pagi. Para siswa yang masuk ke halaman sekolah disambut orang tua mereka di sekolah –guru—dan satu per satu para siswa menyalami dan mencium tangan guru-gurunya, sambil berucap, “Selamat pagi, Pak/Bu!”

 

 

 

Gambar: Merekatkan hubungan batin

 

Gambar: Ketentraman dalam keluarga. "Sekarang, jaketnya dilepas!", kata Pak Suyoto (tengah) dan Pak Asrori (paling kanan)

 

CALENDER EVENT

 

Tutorial Blog & Elearning

CLOCK

Smile, Greet, Behave

CHATTING YM ADMIN 1

CHATTING YM ADMIN 2

CHATTING YM ADMIN 3


Berita Terbaru

Artikel Terbaru

Polling

Statistik

Selamat Pagi Sekali ....
Terakhir Akses
: 03:04
Konten Terbaca
: 251675
Guest Online
: 96