SMA NEGERI 1 SURAKARTA

...The Spirit Of School

Ekstrakurikuler

DEWAN AMBALAN

E-mail Print PDF

 

 

 

Dalam Pramuka ada suatu organisasi yang disebut Dewan Ambalan. Di SMA Negeri 1 Surakarta juga ada Dewan Ambalan. Berikut anggota Dewan Ambalan SMA Negeri 1 Surakarta.

 

 

Susunan Kepengurusan

Dewan Ambalan SMA Negeri 1 Surakarta

Masa Bakti 2012 / 2013

 

 

Pemangku Adat                       : 1. Adly Maulana                                                        XI Ipa 3

  2. Embun Nuraini Wulandari                                      XI Ipa 7

 

Pradana                                    : 1. Mufti Fadhil Philbertanto                                     XI Ipa 8

  2. Auditasari Hendrastuti                                           XI Ipa 6

 

Wakil Pradana             : 1. Bramantya Samuel Rizki Argiyanto                                 XI Ipa 7

  2. Rahma Noor Fadhila                                              XI Ips 3

 

Kerani                          : 1. Latief Afidatan Nafis                                             XI Ips 2

  2. Felisitas Novela Andrea Ardhinata             XI Ipa 2

 

Juru Dana                    : 1. Akhlis Mufid Auliya                                              XI Ipa 5

  2. Mintari Nur Aziza                                       XI Ipa 4

 

Juru Giat                      : 1. Tegar Surya Negara                                               XI Ipa 3

  2. Ganang Saputra                                           XI Ipa 2

  3. Naditya Kusumaningrum Erdiawati            XI Ips 1

  4. Puspitasari Wijayaningrum                         XI Ipa 2

 

Juru Alat                      : 1. Rizky Agung Wijaya                                              XI Ipa 8

  2. Yudhistira Bagus Wardhana                         XI Ips 3

  3. Afiqah Syamsi Ghozali                                XI Ipa 7

  4. Andhika Sulistyani Putri                             XI Ipa 6

 

Juru Bicara                  : 1. Farhan Noer Widagdo                                            XI Ips 1

  2. Fajar Kurniansi Fauza Afani                       XI Ipa 4

  3. Agata Riyandawati                                      XI Ipa 1

 

Juru Ilmu                     : 1. Muhamad Dimar Agung Ramadhani                      XI Ipa 1

  2. Nurul Firdiani Fauzan                                  XI Ips 1

  3. Faricha Hidayati                                          XI Ipa 8

  4. Varadilla Nur 'Aini Putri                              XI Ipa 2

 

Dewan Ambalan selain mengampu ekstrakurikuler wajib Pramuka SMA Negeri 1 Surakarta juga mengampu PASPRAMA. PASPRAMA sendiri kepanjangan dari Pasukan Pramuka SMA Negeri 1 Surakarta. Jadi, PASPRAMA adalah suatu pasukan yang akan dikirimkan untuk mengikuti lomba Pramuka. PASPRAMA terdiri dari 2 sangga yaitu sangga Manggala dan sangga Kusuma.

 

PASKI SMANSA (GARDA EKA PERKASA)

E-mail Print PDF
 
Gambar: PASKI SMANSA saat berlomba di bidang TUB.
 

PASKI (Pasukan Inti) GARDA EKA PERKASA adalah salah satu ekstrakurikuler di bawah OSIS. Ekstrakurikuler ini bernaung pada sekbid Pendidikan dan Pendahuluan Bela Bangsa.

PASKI SMANSA adalah salah satu ekstrakurikuler yang sudah memiliki banyak prestasi untuk mengharumkan nama SMANSA. PASKI  bertugas layaknya PASKIBRAKA di tingkat nasional, hanya saja  lingkupnya lebih kecil. Selain melatih PPB & TUB, PASKI SMANSA juga melatih kedisiplinan dan ketrampilan berorganisasi, sehingga tidak heran kalau para anggotannya cukup mumpuni dalam bidang tersebut.

Di SMA Negeri 1 Surakarta, Paski bertugas dalam setiap upacara bendera (baik hari senin maupun hari – hari besar) dan membantu pelaksanaan tugas sekolah, misalnya: membantu pelaksanaan wisuda, membantu pelaksanaan acara – acara di sekolah, mewakili sekolah dalam acara – acara tertentu, dan sebagai delegasi sekolah dalam lomba PBB dan TUB yang sering diadakan.

Sejak pertama terbentuk pada tahun 1995, hampir setiap tahunnya PASKI SMANSA mendapatkan sejumlah penghargaan bergengsi dari mulai tingkat KOTA, eks-KARESIDENAN maupun tingkat PROVINSI. Sampai saat ini prestasi dari PASKI SMANSA telah banyak diketahui di lingkungan eks-karesidenan Surakarta dan sekitarnya.

 

    
Gambar: PASKI SMANSA saat berlomba di bidang PBB

 
 
Gambar: Prosesi penyerahan piala Juara Umum 1 PPI CUP

pada pihak Sekolah

 

“Youth as Agent of Behavior Change” visitor from Norwegia

E-mail Print PDF

Kami PMR Wira SMA N 1 Surakarta bersyukur menjadi salah satu dari tiga SMA di Surakarta yang mendapat  kunjungan dari Palang Merah Norwegia untuk menjalin kerjasama. Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami karena merupakan pengalaman yang langka, mengingat  kunjungan ini hanya ditujukan di dua kota untuk masing-masing provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Semarang dan Surakarta untuk Jawa Tengah. Malang dan Nganjuk untuk Jawa Timur.

Kunjungan dari perwakilan Palang Merah Norwegia yang didampingi  para pengurus PMI cabang Surakarta dan PMI pusat Jawa Tengah tersebut dilaksanakan pada hari Rabu,18 Januari 2012. Mereka mengunjungi SMA N 1 Surakarta sekitar pukul 09.30 bertepatan dengan jam istirahat pertama sekolah. Meskipun perwakilan dari Norwegia hanya 1 orang,  tetapi disambut oleh 40 anak PMR Wira SMA N 1 Surakarta dengan sangat antusias.

 

Gb. audiensi dengan wakil dari Norwegia 

Kami anggota PMR Wira SMA N 1 Surakarta menyambut kunjungan dengan didampingi oleh pihak sekolah yang diwakili Bapak Harsoyo selaku Wakil Kepala Sekolah bagian Kesiswaan dan Bapak Muhari selaku Koordinator Ekstrakurikuler. Acara dibuka oleh Bapak Tri Ehwanto, selaku Pembina Ekstrakurikuler PMR SMA N 1 Surakarta. Dilanjutkan dengan sambutan pertama dari pihak sekolah kemudian yang kedua sambutan disampaikan oleh Wakil Ketua PMI cabang Surakarta, Bapak Sunardi. Setelah itu kami semua memasuki ke acara utama yang disampaikan Bapak Muhammad Syaiful Bachri Shaha’ selaku perwakilan Palang Merah Norwegia. Di dalam acara, beliau menyampaikan program kerjasama antara Palang Merah Norwegia dengan Palang Merah Indonesia. Program yang bernama “Youth as Agent of Behavior Change” tersebut melibatkan para remaja sebagai agen yang akan melakukan perubahan untuk membentuk kepribadian atau perilaku masyarakat baik di Indonesia maupun di seluruh dunia menjadi lebih baik sehingga akan terbentuk lingkungan yang kondusif untuk menciptakan masyarakat berkarakter.

Dalam program tersebut, setiap sekolah yang dipilih termasuk SMA N 1 Surakarta berkesempatan untuk mengirimkan 25 orang perwakilan baik siswa yang aktif dalam organisasi ataupun yang tidak. Selanjutnya 25 orang tersebut akan mendapat pengarahan dan pelatihan dengan metode-metode khusus dari pengampu masing-masing setiap 1x seminggu selama 1 tahun. Dengan adanya program ini, diharapkan juga para remaja bisa lebih tampil percaya diri di hadapan orang banyak karena pemudalah harapan untuk mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik nantinya.

Kak Bachri, begitu panggilan akrab wakil dari Norwegia yang sudah lancar berbahasa Indonesia itu dapat membawakan suasana renyah di sela-sela penyampaian agenda. Kami semua berkenalan satu per satu menggunakan bahasa Inggris. Lumayan... sekalian bisa praktik speaking sama native speaker. Asyik pokoknya. Dari sini terlihat keakraban yang terjalin di antara semua pihak, apalagi saat foto bersama semua wajah terlihat ceria,’ciiiis-cekrik ‘

Acara yang  berlangsung di ruang perpustakaan SMA N 1 Surakarta tersebut berjalan lancar. Semua anggota PMR Wira SMANSA terlihat begitu antusias untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut. Namun sayang, untuk anggota yang sudah duduk di kelas XI apalagi kelas XII kesempatan untuk mengikuti program tersebut tidak seluas adik-adik kelas X. Karena direncanakan program ini akan bertambah padat di tahun depan, jadi untuk anggota kelas XI dan kelas XII jangan kecewa,  anggap aja ini belum rezekinya, yang terpenting tetap semangat sebagai pemuda yang dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat untuk lingkungan sekitar. SEMANGAT PAGI !!!

 

PKS SMANSA

E-mail Print PDF

Gambar: PKS SMANSA sedang bertugas

 

Patroli Keamanan Sekolah atau yang biasa disebut PKS adalah suatu organisasi yang ditugaskan untuk menjaga kondusivitas dan keamanan sekolah sesuai dengan norma yang berlaku dan tidak mengedepankan senioritas sehingga membentuk hubungan layaknya keluarga.

Dalam menjalankan tugasnya, PKS SMA Negeri 1 Surakarta bekerjasama dengan POLRESTA Surakarta. Kegiatan PKS sendiri tidak hanya latihan, menjaga event dan mengatur lalu lintas, tetapi jugaa pengakraban, buka bersama,  halal bihalal lintas angkatan dan masih banyak lagi.

Setiap tahun ajaran baru, akan diadakan seleksi PKS masa bakti baru oleh angkatan yang sebelumnya. PKS dibentuk dengan dasar:

 

1.       Surat Keputusan Departmen Pendidikan Nasional dan Kebudayaan bekerja sama dengan keputusan Kepolisian Republik Indonesia.

2.       Instruksi mentri P dan K no 447/VIII-1/5 Tanggal 16 Pebruari 1984

3.       Juklak Kapolri no Pol : Jungklak/2/XII/1984 tanggal 28 Desember 1984 tentang pembentukan PKS.

4.       UUD LANTAS No.5 thn 1978

5.       Telegram Kapolri Jabar No. Pol: T/108/1994 pada tanggal 19 September 1994 tentang: Pembinaan dan Pemantapan PKS ditingkat SLTP/SLTA.

 

Seleksi PKS ini berupa pengaturan jalan raya, pbb, fisik dan juga mental. Setelah terpilih  anggota yang baru, akan diadakan diklat selama 3 hari yang bekerjasama dengan pihak POLRESTA dan SATLANTAS dalam pemberian materi.  Setelah itu, akan diadakan Pemantapan PKS. Pemantapan ini diadakan selama 2 hari 1 malam, menginap di SMA Negeri 1 Surakarta.

PKS memiliki beberapa tugas, yaitu:

1.       Menjaga keamanan dan ketertiban sekolah. Salah satu contohnya adalah sweeping ketika upacara bendera berlangsung. Tugas ini dilakukan oleh senior (angkatan sebelumnya).

2.       Menjaga setiap event sekolah. Selain mengenakan co card, PKS juga mengenakan jaket dan topi sebagai identitas dalam menjalankan tugas.

3.       Mengatur lalu lintas di depan sekolah atau biasa disebut PJR (Pengaturan Jalan Raya). PJR dilakukan setiap hari Senin sampai Kamis dari pkl 06.30 – 07.00, dan siang hari dari pkl. 13.40 – 14.00. Saat PJR, PKS mengenakan seragam putih lengan panjang dengan lambang PKS di lengan kanan dan lambang Kepolisian di sebelah kiri, dan juga bagde SMA Negeri 1 Surakarta di saku kiri serta nama di atas saku kanan dengan celana/rok putih serta topi dan dilengkapi dengan sepatu PDH bagi petugas laki-laki dan Pantofel bagi perempuan.

 

 

 

SUSUNAN PENGURUS PKS 2014/2015

E-mail Print PDF

DAFTAR PENGURUS PATROLI KEAMANAN SEKOLAH 

SMA NEGERI 1 SURAKARTA

Angkatan Tahun 2014/2015

 

Ketua                : Okianto Dwi Nugroho

Wakil Ketua     : Julian Rafif  Rabbani

 

Sekretaris     : 1. Rizal Muhammad Al-Ghifari
                  2. Chantya Alya Sakina

 Bendahara     : 1. Prayudha Ashfary Mamroe

                2. Nadya Arfa

 Korlatgas                   

1. Hudzaifah Habib Alfaruq

2. Yentin Dwika Octari

 

Sie Perkap                  

1. Achmad Faris Al-Muzaky

2. Ninditasari Suryaning Putri

3. Sagita Utami

4. Shintya Yulfa Septiningrum

 

Sie Humas                  

1. Muhammad Fahmi Tamami

2. Neysa Ornella Dira

3. Silvia Ayu Permata

4. Zenia Ery Denintyas

 

Sie Divkom                 

1. Dinda Sintia Ana Natasya

 

2. Indri Nadya Monalisa

3. Ganza Wira Utama Rehar

 

4. Pradipta Yuha Sukma

 

Sie Litbang                  

1. Anita Nurmulya Bahari

2. Dinda Sekar Laras

 

3. Tyan Widotomo

 
Hal 1 of 5

Kepala SMAN 1 Surakarta

  Kepala SMAN 1 Surakarta
Kepala SMAN 1 Surakarta
Dra. Harminingsih, M.Pd 


SOCIAL MEDIA

 
 
Icon: http://icontexto.deviantart.com

CALENDER EVENT


PRADANA
25 - 27 JULI 2017 

SEKOLAH RUJUKAN

PROGRAM SEKOLAH RUJUKAN :

1. PENINGKATAN MUTU
2. PENGEMBANGAN BUDI
    PEKERTI
3. PENGEMBANGAN
    KEWIRAUSAHAAN
4. GERAKAN LITERASI
    SEKOLAH
5. AKSI SEKOLAH AMAN
6. AKSI ADIWIYATA
7. PENINGKATAN PRESTASI
    AKADEMIK 

SEKOLAH ADIWIYATA

Tutorial Blog & Elearning

CLOCK

Smile, Greet, Behave

CHATTING YM ADMIN 1

CHATTING YM ADMIN 2

CHATTING YM ADMIN 3


Berita Terbaru

Artikel Terbaru

Polling

Statistik

Selamat Malam ....
Terakhir Akses
: 19:43
Konten Terbaca
: 412231
Guest Online
: 112