SMA NEGERI 1 SURAKARTA

...The Spirit Of School

Guru Indonesia, Agen Perubahan

E-mail Print PDF

Guru Indonesia, Agen Perubahan

 

vera 

Arni Ferra Sinatra adalah seorang guru Bahasa Inggris SMA Negeri 1 Surakarta yang berkesempatan mengikuti short course selama tiga minggu di Queensland University, Brisbane, Australia. Short dilaksanakan mulai tanggal 3 sampai 23 Maret 2019. Kegiatan tersebut merupakan program dari Kementrian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia yang mengirim 1200 guru untuk belajar ke luar negeri. Kesempatan ini diperoleh karena beberapa prestasi yang pernah diraih di event nasional antara lain sebagai peraih medali emas Olympiade Guru Nasional Mapel Bahasa Inggris tahun 2017 serta Juara III Lomba Guru Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2018.

Di Universitas tersebut sebanyak 22 guru Indonesia mempelajari tentang Pedagogical Skill: 21st Century Learning. Banyak sekali ilmu yang diperoleh dalam short course tersebut, terutama tentang pilar pembelajaran abad 21, konsep pembelajaran aktif, pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa, pembelajaran berbasis HOTS dan metode pembelajaran terbaru serta berbagai alat bantu dan media pembelajaran yang mendukung pembelajaran di kelas.

Di samping itu terdapat juga kegiatan kunjungan kelas ke sekolah-sekolah Australia dan pusat-pusat pembelajaran di luar kelas. Dalam proses kehidupan sehari-hari juga banyak pelajaran yang dapat diambil dari masyarakat Australia, antara lain kedisiplinan waktu, menaati peraturan, dan saling menghargai orang lain. 

Hal yang sangat diperhatikan oleh guru-guru di Australia adalah totalitas dalam pelayanan yaitu dalam mengajar siswa. Guru di Australia kaya dengan beragam referensi dan alat bantu yang memudahkan siswa dalam belajar, serta sangat piawai dalam menerapkan berbagai alat teknologi di dalam kelas. Di samping itu pembelajaran di Australia memanfaatkan lingkungan sebagai sarana pembelajaran, misalnya dengan pembelajaran di atas kapal di sebuah teluk. Dengan mengikuti kegiatan short course ini diharapkan dapat memiliki pandangan yang baru dalam pembelajaran, meningkatkan kemampuan dalam melayani siswa di kelas serta terus menerus melakukan inovasi dalam kegiatan belajar mengajar. Guru Indoneisa Agen Perubahan.

 

Kepala SMAN 1 Surakarta

  Kepala SMAN 1 Surakarta
Kepala SMAN 1 Surakarta
Dra. Harminingsih, M.Pd 


SOCIAL MEDIA

 
 
Icon: http://icontexto.deviantart.com

CALENDER EVENT

PLN Mengajar tahun 2019
25 maret 2019
 
UNBK
1,2,4, 8 April 2019
 

 

SEKOLAH RUJUKAN

 PROGRAM SEKOLAH RUJUKAN 2018 :

1. PENINGKATAN MUTU
2. PENGEMBANGAN BUDI
    PEKERTI
3. PENGEMBANGAN
    KEWIRAUSAHAAN
4. GERAKAN LITERASI
    SEKOLAH
5. AKSI SEKOLAH AMAN
6. AKSI ADIWIYATA
7. PENINGKATAN PRESTASI
    AKADEMIK 

SEKOLAH ADIWIYATA

Tutorial Blog & Elearning

CLOCK

Smile, Greet, Behave

CHATTING YM ADMIN 1

CHATTING YM ADMIN 2

CHATTING YM ADMIN 3


Berita Terbaru

Artikel Terbaru

Polling

Statistik

Selamat Malam ....
Terakhir Akses
: 20:22
Konten Terbaca
: 552029
Guest Online
: 95